Home » , , » Al Irsyad Satya, Masjid Unik Karya Ridwan Kamil

Al Irsyad Satya, Masjid Unik Karya Ridwan Kamil

Written By Kampus Kita Oke on Sabtu, 08 Februari 2014 | 08.06

PADALARANG -- Bila kebanyakan masjid identik dengan kubah dan menara, maka lain halnya dengan masjid satu ini yang terletak di Kota Baru Parahyangan, Padalarang. Masjid yang satu ini tidak memiliki kubah dan tidak juga berjendela. Masjid Al Irsyad Satya diresmikan pada Agustus 2010. Masjid ini dirancang khusus oleh Ridwan Kamil, yang kini menjadi Walikota Bandung.
“Masjid  Al Irsyad Satya dibangun pada 12 November 2009 dan selesai pada 9 Agustus 2010, bertepatan dengan 17 Ramadhan,” kata Dieri Hendriana (50) selaku Staf Pendidikan, Jumat (20/12).
Masjid yang dibangun di atas tanah seluas 1 ha ini, mampu menampung  1500 jamaah. Kepemilikan masjid ini sepenuhnya milik Yayasan Al Irsyad Satya, sebuah yayasan yang juga mendirikan Al Irsyad Satya Islamic School.
Selain bentuknya kubus menyerupai ka’bah, ada beberapa keunikan lainnya dari masjid ini seperti tidak adanya jendela masjid, mimbar, dan tempat imam shalat di atas kolam ikan, dan terdapat bola besar yang bertuliskan lafadz Allah. Tidak ada jendela masjid ini bukan berarti udara di dalamnya menjadi pengap.
Sebagai ventilasi udara, beberapa bagian dinding yang hanya tersusun dari batu batako ini dilubangi. Hasilnya udara di dalam masjid menjadi sejuk. Lubang ventilasi udara tersebut didesain membentuk sebuah kalimat tauhid. Sehingga bila malam hari, ketika lampu dinyalakan, akan nampak tulisan latin dari kalimat tauhid tersebut.
Pada langit-langit masjid terdapat 99 balok yang menggantung dan bertuliskan asmaul husna. Isi dari balok-balok tersebut merupakan lampu. Sehingga bila lampu dinyalakan akan tampak 99 asmaul husna dari langit-langit masjid.
Daya tarik lainnya dari masjid ini yaitu, terdapat bola hitam besar tepat di depan tempat imam memimpin shalat. Jika biasanya arah kiblat dihalang oleh tembok yang merupakan bagian dari bangunan masjid, lain halnya dengan masjid yang dibangun dengan anggaran 6,9 milyar ini. Pada bagian depan masjid (arah kiblat) dibiarkan terbuka dengan pemandangan langsung tertuju pada gunung Parahyangan. Hal ini yang membuat para jamaah betah berlama-lama di dalam masjid.
Jamaah masjid Al Irsyad Satya tidak hanya dari penduduk sekitar. Pria lulusan IAIN Bandung ini juga mengatakan bahwa jamaah (pengunjung) dari masjid ini tidak hanya dari masyarakat sekitar, beberapa turis manca negara seperi Autralia, Singapura, dan negara lainnya.
 “Bagus, aneh, beda dari yang lain”, kata Yeti (40) salah satu jamaah Majlis Ta’lim Annisa saat ditanya tanggapannya mengenai masjid tempat ia mengaji ini.

Masjid yang dulu sering dikunjungi Ridwan Kamil ini, telah meraih penghargaan dari BCI Asia sebagaiThe Best 5 World Building of The Year untuk kategori Bangunan Religi, versi Archdaily and Green Leadership Award pada tahun 2011. [] Anisyah A.F. | Jurnalistik UIN Bandung | BandungOke.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Populer

Komentar

Terbaru

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INI DIA OKE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger