Home » , , » Ini Dia Tempat Berburu Buku Langka

Ini Dia Tempat Berburu Buku Langka

Written By Kampus Kita Oke on Sabtu, 18 Januari 2014 | 23.29

BANDUNG -- Kesulitan mencari buku-buku lawas? Tak perlu khawatir, sebab di Lawang Buku, Anda mungkin jadi akan menemukannya. Buku-buku langka dari beberapa tahun silam dengan koleksi yang beragam bisa Anda dapatkan.
Toko buku yang mempunyai tagline event and online bookstore ini memilih basecamp pemasarannya di Balubur Town Square, Lantai Dasar 2, Kota Bandung. Buku-buku yang dijual beragam, mulai dari komik, filsafat, komunikasi, sejarah, dan sastra. Namun yang paling dominan buku-buku humaniora.
Dalam Pesta Buku Diskon 2013, hasil kerjasama Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) dengan Universitas Padjajaran dan Pemerintah Kota Bandung, Lawang Buku juga hadir dan ikut mengambil bagian. Lawang Buku, cukup unik, karena di samping menyediakan buku-buku baru, juga tersedia buku-buku jadul (zaman dulu), yang langka, dan susah dicari.
Deny, owner “Lawang Buku” ini menuturkan, awalnya tahun 2000, buku yang dijualnya bermacam-macam, baru pada tahun 2009 ia memutuskan untuk lebih fokus pada buku-buku antik. “Prinsipnya orang itu suka mencari yang nggak ada. Nah, dari situ sebisa mungkin kami menyediakan barang yang memang orang cari. Kebutuhan orang itu apa, nah itu yang kami sediakan,” ujarnya, belum lama ini.
Hasil Perburuan
Deny mengaku, buku-buku langka yang ia jualnya itu didapatkan dari hasil perburuan dari berbagai sumber. Mulai dari penerbit lama, rumah-rumah tua, pasar loak, kolektor bahkan hingga barter antarpedagang.
Sebenarnya, kendala dari usaha buku langka ini adalah dari segi pencarian sumber dan perawatannya. Karena itu, dalam urusan harga memang agak sulit untuk buku yang memang sudah jarang ditemukan ini. Tapi ia yakin, untuk sebuah buku langka, orang pasti tidak akan mempersoalkan harga, karena harga berapa pun pasti dibelinya.

Karena itu target utama penjualannya adalah para kolektor. Tapi selain itu sasaran mereka adalah perpustakaan, mahasiswa dan dosen yang sedang melakukan penelitian dan masyarakat umum yang mungkin sekadar ingin bernostalgia dengan masa lalunya. [] Ari Wahyuni | Jurnalistik UIN Bandung | BandungOke.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Populer

Komentar

Terbaru

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INI DIA OKE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger