Home » , , , » Eksotisme Kawah Darajat

Eksotisme Kawah Darajat

Written By Kampus Kita Oke on Sabtu, 18 Januari 2014 | 03.00

GARUT – Kabupaten Garut, salah daerah di Provinsi Jawa Barat yang memiliki beragam tempat wisata yang menarik. Salah satunya tempat wisata Kawah Darajat, yang terletak di atas pegunungan Papandayan, dengan jumlah dua kawah aktif dan 24 sumur uap yang digunakan sebagai pembangkit tenaga listrik.

Tempat wisata yang menampilkan landscape eksotis dan pemandanan alam yang masih asri ini terletak di Desa Pandawaas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut. Akses utama untuk sampai ke lokasi bisa melalui Garut kota.

Ketingian Kawah Darajat berada pada posisi 1920 meter di atas permukaan laut. Kawah Darajat merupakan keindahan alam yang tersembunyi di Kabupaten Garut. Hampir rata-rata lahan yang berada di kawasan Kawah Darajat ini pada umumnya berbukit terjal dan berlembah, dengan tingkatan kemiringan lahan yang agak curam dan stabilitas tanah yang cukup baik.

Tak Hanya Kawah

Bukan hanya kawah yang dikenal di tempat ini. Di tengah perjalanan menuju kawasan Kawah Derajat, kita akan menemui banyak tempat pemandiaan air panas. Salah satunya tempat pemandian air panas Darajat Pass, tempat wisata yang banyak disukai wisatawan untuk berendam dan rehat sejenak dari aktivitasnya.

Tempat pemandian air panas ini ramai dikunjungi jika liburan tiba. Untuk masuk ke tempat pemandian air panas kita akan dikenakan kocek karcis masuk, sebesar Rp. 15.000,-/orang.  Di kawasan pemandian air panas Darajat Pass kita akan menemulan kolam renang yang cukup luas, dan tempat bermain air untuk anak.

Dina Paramita (45), salah pengunjung asal Bandung, Sabtu (04/01) mengatakan, “Pemandian air panas di kawasan Kawah Darajat merupakan tempat pas untuk saya dan keluarga menghabiskan penutupan liburan anak-anak sekolah.”

Kendati di tempat ini belum ada hotel berbintang, namun tak perlu risau, Anda bisa menginap di homestay atau losmen, yang berderet di dekat pemukiman warga. Dengan uang sekitar Rp.300.000-Rp.500.000,- per/satu hari satu malam, Anda bisa leluasa beristirahat sejenak setelah melakukan perjalanan panjang.

Banyak wisatawan lokal maupun asing yang sengaja datang ke tempat ini hanya untuk rehat sejenak dari berbagai aktivitasnya.  Kawah Darajat memiliki bentangan lanscape yang lengkap  seperti gunung, hutan, dan dilengkapi dengan tanaman-tanaman langka. Tak heran banyak wisatawan atau pun fotografer yang mengabadikan momen liburannya dengan berfoto ria.


Sama halnya dengan Dina,  Reihan Ghifari (19), salah satu wisatawan asal Sukabumi juga menuturkan hal serupa. “Suasana di sini sangat beda dengan kota, di sini jauh dari kebisingan dan hirup pikuk. Pemandangannya masih elok dan asri,” ujar Dina, Sabtu (04/01). [] Wisma Putra | Jurnalistik UIN Bandung | BandungOke.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Populer

Komentar

Terbaru

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INI DIA OKE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger